Menu Close

Tim KIR SMKN 1 Mojosongo Berhasil Menjuarai Lomba Krenova Pelajar Tingkat Kabupaten Boyolali Tahun 2022

Lomba Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Boyolali sebagai bentuk apresiasi kepada inventor (penemu) terhadap inovasi-inovasi baru yang ditemukannya sehingga dapat berkontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, tahun ini Lomba KRENOVA kembali diselenggarakan yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu pelajar, masyarakat umum dan ASN/Perangkat Daerah.

Pada lomba KRENOVA kali ini, ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMKN 1 Mojosongo ikut berpartisipasi dengan mengajukan 3 proposal karya inovasi. Total sebanyak 53 proposal berhasil masuk ke panitia dari ketiga kategori yang dilombakan. Setelah melalui seleksi proposal oleh dewan juri, 16 tim dinyatakan lolos final untuk mengikuti tahap presentasi dan pameran produk. Tim SMKN 1 Mojosongo berhasil meloloskan 1 tim yang beranggotakan siswa Kelas X Agribisnis Tanaman atas nama  Naila Syofia Hijrianti, Shafira Rismayanti dan Aris Setyawan, dengan karya inovasi yang diberi nama AVERROSE yaitu tabir surya dengan bahan alami dari ekstrak bunga mawar dan daun belimbing wuluh.

Pada pameran karya inovasi, tim AVERROSE berhasil menarik perhatian dari tim juri maupun pengunjung, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang mendatangi stand pameran dan banyak bertanya tentang produk tabir surya tersebut, mencoba tester tabir surya bahkan membeli produk yang dipamerkan. Pada tahap presentasi, seluruh anggota tim tampil dengan meyakinkan di hadapan peserta lain dan dewan juri, dengan menampilkan data-data hasil pengujian yang menunjukkan bahwa produk tabir surya AVERROSE telah memenuhi standar uji dan layak untuk dipasarkan.

Setelah melalui perjalanan panjang sejak uji coba produk, pengujian sampai dengan tahap final, alhamdulillah tim AVERROSE berhasil meraih Juara 1 kategori pelajar dan display/stand terbaik diantara seluruh peserta yang mengikuti babak final. Selanjutnya akan mewakili Kabupaten Boyolali untuk maju ke Lomba KRENOVA Pelajar tingkat SOLORAYA. Semoga dengan keberhasilan yang telah diraih tim KIR SMKN 1 Mojosongo ini, dapat mendorong siswa-siswa lain untuk berlomba-lomba meraih prestasi dan mengharumkan nama SMKN 1 Mojosongo.

Berikut beberapa dokumentasi selama pelaksanaan lomba:

Stand/display pameran produk inovasi. Yang membuat juri tertarik, pada kemasan produk dilengkapi QR kode, jika discan akan terhubung ke WA untuk melakukan pemesanan produk.
Penilaian display oleh Dewan Juri
Penyerahan Sertifikat Juara
Bagaimana Reaksimu?
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Posted in Berita

Baca Juga